Sunday, May 20, 2018

A & E (61)

Elang, day 1: 
Misplaced “if”

Kata “kalau” jika tak ditempatkan semestinya, maka ia bisa menjadi pembuka pintu bagi masuknya syetan dalam pikiran. Seolah mengutuk apa yang ditakdirkan Allah, menyalahkan qodarullah, dan tentunya tidak ridho akan keputusanNya.

Waktu tak bisa diputar kembali. Yang terjadi adalah yang terbaik. Justru di sinilah manusia diuji akan keimanannya. Apakah ia mensyukuri segala nikmat dan menyabari segala kesedihan? Ataukah merundung nasib dan menyalahkan sial yang menghampiri? 

Tiadanya iman bagaikan tiadanya nyawa. Tiada nyawa adalah hampa, tanpa makna. Maka jangan tanya kenapa Tuhan mentakdirkan ini dan itu, karena inilah yang terbaik yang beberapanya tak bisa lagi kupilih. 

Adapun hal-hal yang dalam kendaliku, itulah yang bisa kuubah. Yang bisa kuubah adalah cara pandangku terhadap pertemuanku kembali. Mengapa aku mencarinya lagi? Apakah aku tidak bahagia dengan keadaanku? Menyelesaikan unfisinished business? Unfinished business apa? Ingin bersamanya? Mengapa baru sekarang aku punya nyali untuk menemuinya? Aku takut ditolak? Aku trauma ditolaknya? Aku merasa tak berarti? Ada apa? Hanya aku yang tahu apa yang terjadi di diriku, maka hanya aku yang bisa menemukan jawabannya.
Kurasa semua berawal dari kata “kalau” yang salah kuletakkan. Aku mengandaikan dia bersamaku, tapi mengapa aku memilih menikahi Atika? Hanya untuk mencari teman agar aku tak kesepian? Bukankah nanti tiap manusia akan sendirian?

Pertanyaannya ada dua, mengapa aku menikahi Atika dan aku tak mencari Ola? 

Ola, apa yang sedang dilakukannya sekarang? Semoga dia mendapatkan Ramadhan terindah.

— 

Elang menuliskan kalimat-kalimat itu di diary virtualnya. Sebuah blog yang tidak ada yang tahu karena dia setting privat. Ramadhan hari pertama, dan dia merasa sudah perlu mencari dua jawaban. Ramadhan kali ini akan menjadi Ramadhan terpanjang baginya. Ia hanya tak tahu, Olapun merasakannya…

Artikel Terkait

A & E (61)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email