Saturday, December 09, 2017

Zaman Now, Jadikan 30%

Seorang kawan MI saya, adalah Presiden Direktur dari grup perusahaan yang didirikan alharhum ayahnya. Setelah lebih dari 17 tahun tidak berjumpa, kawan-kawan sayapun mengadakan reuni kecil-kecilan saat Sang Presdir ada acara di kota Malang. Dengan padatnya jadwal, ke-7 kawan saya bertemu kurang lebih selama 2 jam. Saya tidak ikutan, hanya memantau dari WA grup. 

Pertemuan yang singkat namun bermakna. Alhamdulilah, berkah silaturahim. Saya tidak ikut dalam pertemuan itu, namun hangatnya pertemuan itu terasa walau terpisah ber-ratus kilometer jauhnya. 

Kawan saya itu, tetap humble, seperti seolah dia tidak lebih tinggi dari kami. Padahal, dari segi ekonomi, dia selalu lebih dari kami semua. Zaman kami SD dulu, kami selalu teringat wangi KFC yang dibawakan oleh pengantarnya ketika kami mesti les dan pulang lebih siang. Dia makan KFC di antara kami yang makan nasi bungkus apa adanya. KFC benar-benar menjadi anchor kawan saya ini. 

Dia ke Malang karena ada rapat perusahaannya, selama 3 hari. Grup perusahaan yang telah berusia 51 tahun. 

Yang menggelitik saya untuk menulis ini adalah rekap hasil silaturahim kawan-kawan saya. Satu tips bisnis yang beda dari yang saya pernah lihat sebelumnya. Kunci sukses yang ditemukan melalui perjalanan 3 kali bangkrut, kunci sukses yang sudah terbukti. Kunci sukses yang ingin saya tulis agar makin terpatri.

2.5% adalah batas pelit orang. Ketika zakat yang 2.5% itu tidak dikeluarkan, kata ustadz yang saya dengar, itu sama saja dengan mencuri hak orang lain. Maka zakat wajib dikeluarkan sesuai fiqih aturan yang berlaku. 

Setelah itu, ada sedekah, infaq. Yang besarannya bebas. Semakin besar semakin baik, karena sedekah adalah penjaga diri dari kemalangan, penolak bala, penjaga kesehatan. Nah, yang dulu diajarkan di IIBF, adalah 10% sedekah. http://www.mirajnews.com/2016/09/iibf-jadikan-sedekah-10-penghasilan-sebagai-prinsip.html 

Di masa sulit orang tua kami mengajarkan untuk memperbanyak sedekah.. dan kami pelajari obat bisa bangkit lagi adalah kekuatan doa,’ tulis kawan saya di WA. 

Di samping diversifikasi usaha, pembagian 100% hasil usaha di grup perusahaan ini dibagi menjadi: 
  1. 30% Amal 
  2. 30% tambahan modal perusahaan 
  3. 30% karyawan
  4. 10% diri sendiri


Presiden Direktur muda yang berusia 34 (tiga puluh empat) tahun ini membagikan pelajaran hidup yang dialami Hasnur Grup. Masyaallah. Terucap semoga kawan saya, almarhum&almarhumah orang tuanya, serta Hasnur Grup selalu diberikan kelancaran, kemudahan, kelapangan usaha, dan berkah usahanya dunia akhirat. Aamiin. 

Artikel Terkait

Zaman Now, Jadikan 30%
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email