Monday, December 04, 2017

Win some, lose some

Itu kalimat yang diucapkan terduga Red John, di episode akhir season 3; ketika agen Teresa Lisbon me-redial Telpon O’Laughlin yang tertembak mati. 

Win Some, Lose Some”. Sebuah ungkapan yang menurut kamus idiom dari www.thefreedictionary.com artinya: Prov. Cliché You cannot always succeed. (You can say this when you have not succeeded, to show that you are not discouraged.). Yang kurang lebih artinya kita tidak bisa selalu sukses. Ungkapan ini diucapkan pada saat kita belum sukses, untuk menunjukkan bahwa kita tidak patah semangat. 

Sebuah idiom yang mengajarkan tentang sportifitas dan optimisme di waktu yang sama. Sportif dalam hal menerima kekalahan, namun tak menyerah untuk berusaha lagi. Akan selalu ada hari esok, akan selalu ada kesempatan kedua. Karena tiap hari adalah lembaran baru. 

Kenapa saya menulis ini, tak lain dan tak bukan adalah seleksi CV saya yang tak masuk seleksi kedua. Dari 150 orang lebih, hanya diambil 5 orang. Sangat ketat. Saya bertanya-tanya apa yang membuat saya tidak masuk seleksi. Suami menguatkan dengan memberikan 1 alasan masuk akal yang bisa saya terima, karena saya tidak menyertakan skor TOEFL atau IELTS. Sangat masuk akal. 

Persiapan yang tak terpikirkan sebelumnya. Ya memang mepetnya waktu, saya tidak mungkin untuk les dulu lalu ambil tes. Saya disarankan untuk mempersiapkan TOEFL atau IELTS jika memang serius ingin mencari program-program serupa. Seperti yang saya tulis sebelumnya, keberuntungan adalah pertemuan persiapan dengan kesempatan. Kesempatan mungkin tak selalu datang, itu external, di luar lingkaran pengaruh kita. Sedangkan persiapan, ini internal, ada di lingkaran pengaruh yang bisa kita utak-atik kondisinya. 

Maka saya bertanya pada diri sendiri do I want this? Jika ya, will I pay the price? Is it important? Will it help me to be the person I want to be? If it’s important, what should I do to get better chance next time? What should I improve? Pikiran-pikiran ini berkecamuk di benak saya. Untungnya belajar coaching adalah kita bisa melakukan self-coaching. Me-coaching diri sendiri. Hehehe. 

Setelah mendapat jawabannya, saya tahu apa yang akan saya lakukan esok untuk menyongsong kesempatan berikutnya. Mungkin kegagalan ini salah satu jalan bagi saya untuk meningkatkan kapasitas diri. Mungkin selama ini saya mengira bahwa saya sudah bagus, nyatanya saya salah. Mungkin saya hanya jago kandang.

Astaghfirullah. Saya menarik nafas panjang. 

Well, I lose some, I win some. Buktinya Allah SWT memberi saya hiburan di sore ini. Saya yang niatnya rapat untuk project, malah dipertemukan dengan orang yang bertanggung jawab atas event mingguan Bandung Berdaya. Selanjutnya diminta untuk menjadi salah satu pembicara Januari esok insyaallah. Hal yang tak terduga. 

Ah, saya jadi malu. Terima kasih Allah.. I win some, I lose some. Appreciation towards winning should be bigger than disappointment to my loses, no matter how small the winning is. 


Lalu, saya bisa tersenyum. Alhamdulillah. Ah, menulis memang menyehatkan jiwa.

Artikel Terkait

Win some, lose some
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email