Thursday, December 07, 2017

Setelah Tantangan Pilates 1 Bulan Pertama, Ini Hasilnya…

Saya sudah 1/3 jalan dari tantangan diri sendiri 3 bulan pilates dimulai November 2017 - Januari 2018. Dan, saatnya membuat rekapitulasi tentang 1 bulan pertama. Apa yang bisa saya pelajari, dan mungkin bisa menginspirasi bagi yang ingin, sedang, akan, membuat tantangan. Inspirasi untuk resolusi 2018. Hehehe. Resolusi yang kebanyakan hanya jadi resolusi tahun depannya lagi. Hehehe. 

Baiklah, bagi yang mengikuti blog ini, tentu mengetahui bahwa saya mempunyai interest di pilates. Pilates adalah olahraga pertama yang saya tekuni, walau sampai sekarang masih amatir. Hihi. Maklum pilatesnya dari Youtube. Saya beli CD nya, hanya setelah saya tahu bahwa ada videonya di Youtube, maka saya beralih ke Youtube aja. Hehehe. Sayang-sayang CDnya, takut kalau lecet-lecet kebanyakan diputar. 

Baiklah, jadi, ini yang ingin saya bagikan di postingan kali ini. 

Saya kan melingkari kalender tiap kali pilates, kan. Dari 30 hari di bulan November 2017, ternyata saya bisa pilates 20 hari. Dengan durasi rata-rata yang 20 menit tiap hari. Ini lho efek yang berbeda dari melingkari kalender: 
  1. Saya bisa keeping track tentang apa yang saya sudah lakukan
  2. Evaluasi & peningkatan untuk mencapai target. Bahasa kerennya muhasabah diri. Muhasabah dari kata hitung. Hisab. 

Dua poin penting yang menjadikan pertumbuhan terasa berarti. Dan menjadikan diri mengapresiasi apa yang telah dilakukan, walau mungkin target belum tercapai. 

20 hari saya pilates, dari target 30 hari. Jadi berapa persen itu? 66.67% keberhasilan. Maka jika saya ingin meningkatkan 10% saja keberhasilan di bulan ini, maka saya minimal mencapai angka 76%, maka saya mesti olahraga 22.8 hari dari 31 hari di bulan Desember 2017. Hanya nambah 3 hari dari yang sekarang. Hm, sepertinya tak berat. Hohohoho. 

Ok, evaluasi. Evaluasi ada di berat badan dan lingkar badan kayaknya ya. Setelah 20 hari pilates di November, saya merasa: 
  1. Tidak mudah lelah
  2. Tidak lagi bergantung pada #sikecilhijau untuk menjaga berat badan
  3. Tidak mengalami moodswing parah dan sakit perut ketika tamu bulanan datang
  4. Ada baju yang mulai muat, haha. Jadinya sekarang malah pengen njahit kain-kain yang pada nganggur. 

Empat hal ini hanya bisa saya amati ketika saya flashback dan melihat perjalanan pilates sebulan lalu. Jika saya tak menyimpan record saya, pasti saya tidak bisa mencanangkan target lebih tinggi di bulan Desember. Bisa jadi saya malah tetap di angka 20 hari, tidak bertambah 10%. 

Karena saya menuliskan record, maka saya bisa mengukur. Begitu juga yang berlaku dalam bisnis. Jika kita tidak menulis apa yang telah kita kerjakan, bagaimana kita bisa mengukur tingkat efektif pekerjaan itu? Kadang hal itu terlepas begitu saja, nulis status dianggap biasa saja. Padahal sebagai penjual online kan nulis status itu penting. Meningkatkan engagement. Berapa jumlah status yang kita tulis? Berapa efektif status itu untuk meningkatkan engagement kita? Berapa persen yang akan kita tingkatkan? Mana targetnya? Hohoho.

Sudah dulu, ini kok mbahas pilates jadi mbahas bisnis. Hwhwkww.

Dag! Selamat melingkari kalender!




Artikel Terkait

Setelah Tantangan Pilates 1 Bulan Pertama, Ini Hasilnya…
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email