Tuesday, November 21, 2017

Dapur 101, Kunyit? Siapa takut!

Kunyit, kunir, salah satu rempah khas yang berwarna oranye cerah ini mempunyai banyak khasiat. Selain meningkatkan daya tahan tubuh, warna yang dihasilkan dari bumbu masak ini menjadikan masakan lebih mengundang selera. Sayangnya si cantik kunyit ini seringkali meninggalkan jejaknya di tangan, kuku, bahkan bekas peralatan masak yang dipakai. Dan ini merupakan salah satu penyebab keengganan saya memasak kunyit. 

Namun bagaimanapun juga, kunyit selalu ada di salah satu masakan andalan keluarga saya. Jadi ya, saya bersiap akan menghadapi “perang” dengan bercak noda kunyit setelah memasak. Hahaha. 

Berikut bumbu ungkep versi saya. Mudah, mirip dengan bumbu soto, dikurangi daun jeruk. 

Bahan: 
1/2 ekor ayam yang sudah dibersihkan 
1 kerat tempe, potong biasa seperti ingin membuat tempe goreng 
5 potong tahu kuning 
2 gelas air 
2 sendok makan minyak

Bumbu: 
4 siung bawang putih 
4 siung bawang merah
3 cm kunyit 
1 cm lengkuas 
2 batang serai 
3 lembar daun salam

Cara masak: 
  1. Haluskan semua bumbu, kecuali daun salam. Bisa diuleg manual, bisa menggunakan blender 
  2. Panaskan minyak sebanyak 2 sendok makan, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Masak hingga matang. Masukkan 3 lembar daun salam, letakkan di alas penggorengan
  3. Tumpuk ayam, tempe, tahu
  4. Tambahkan air 2 gelas 
  5. Tambahkan gula garam sesuai selera
  6. Masak hingga air terserap rata, masak dengan api sedang 
  7. Jika sudah matang, sajikan. 

—-
Setelah memasak selesai, timbullah pekerjaan rumah selanjutnya, yaitu membersihkan blender yang ada bercak noda kunyit. Fiuhhh.. dengan sabun cuci biasa tidak bisa bersih seperti semula. 

Akhirnya saya berharap blender bisa bersih dengan mengambil pembersih peralatan dapur, merk Astonish. Beli di Ace Hardware, harganya waktu itu kalau tidak salah sekitar 80rb. Bentuknya kotak, dan teksturnya seperti adonan jaman dahulu kala yang pernah diajarkan oleh Eyang saya. Cif bubuk + air yang kemudian dipadatkan. Sebelum zaman Astonish. Hehehe. 

Dengan mengucap bismillah, saya menyolek (ya semacam saben colek teksturnya) di spons basah lalu menggosok kaca blender. Lalu yang terjadi setelahnya luar biasa. Warna kuning oranye terang keluar bersama busa yang dihasilkan. Bercak noda yang awalnya terasa teksturnya luntur bersama air yang membilas. Saya senang sekali! Dengan semangat saya akan memakai kunyit lagi tanpa ketakutan kesulitan membersihkan blendernya. 

Jadi ini yang ingin saya bagikan. Tak takut masak pakai kunyit lagi! Yeeay!



Disclaimer: Ini bukanlah iklan Astonish, maupun Ace Hardware. Produk dengan kemampuan serupa juga bisa dipertimbangkan untuk dicoba membersihkan noda kunyit. 

Artikel Terkait

Dapur 101, Kunyit? Siapa takut!
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email