Tuesday, July 30, 2013

Ilmu Dari Seorang Tukang Putu

Bismillah, 

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wabarakaatuh. 

Malam ini benar-benar Allah ingin menunjukkan sesuatu. Ucapan lengkap "jazakumullah khairan katsiran" dari seorang penjual putu keliling telah menggugah hati ini. Saya tidak menyangka kalimat itulah yang dikeluarkannya ketika menerima pemberian. Saya tidak menyangka bahwa seorang penjual putu keliling mempunyai kedalaman ketulusan hati seperti itu. Subhanallah. Sungguh ilmu Allah itu luas dan Allah akan memberikannya pada siapapun yang mencari. 

Baru saja kemarin saya bertemu dengan salah seorang public figure yang belum fasih mengucapkan "jazakillah", dan malam ini saya bertemu seorang yang biasa-biasa saja tapi fasih berucap "jazakumullah khairan katsiran". Saya tidak mau menjudge bahwa siapa lebih baik dari siapa. Tapi dari perkataan spontan itulah hati saya tergerak dan menyadari dengan sungguh-sungguh bahwa keimanan tidak ada hubungannya dengan pangkat, jabatan, dan harta. Bahwa pengetahuan agama yang tidak diamalkan mungkin hanya bagai hiasan dinding, cantik tapi tidak berguna, hanya sebagai pemanis. 

Subhanallah. Bagi yang belum memahami arti dari ucapan Jazakumullah khairan katsiran, ini ada link yang menjelaskan artinya. 
http://m-alwi.com/jazakumullah-khairan-katsiran-wa-jazakumullah-ahsanal-jaza.html
Malam ini, saya juga belajar bahwa balasan "waiyyakum" akan lebih baik diganti dengan "antum jazakumullah khoiron". 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan Seru Semesta Alam. Yang ilmuNya tiada bandingan, walau semua pohon dijadikan kertas dan semua air laut dijadikan tinta, sungguh ilmuNya tiada bertepi. Subhanallah.... Terima kasih Allah atas pelajaranMu malam ini. 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuh. 

Artikel Terkait

Ilmu Dari Seorang Tukang Putu
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email