Sunday, June 30, 2013

Parenting

Bismillah, 

Pernah baca kalau jadi orang tua itu susah karena ga ada sekolahnya. Tapi itu kayaknya udah ga berlaku lagi ya. Sekarang banyak banget seminar, buku, sampe talkshow di tv tentang parenting. Bahkan dari tes sidik jari supaya tahu bagaimana karakter bawaan anak, minat, dan bagaimana menangani sampe bagaimana cara supaya agar potensinya berkembang maksimal. Fiuh.. panjang ya :D. 

Mau bagi2 cerita tentang parenting ah :D. Hehe. 

Ada saat dimana aku ngerasa Ali ga bisa diem banget, dan kok kayaknya susah diatur. Setelah ngobrol2 ma suami, akhirnya Ali ikutlah itu namanya tes sidik jari. Emang dah pernah denger sih sebelumnya, dan banyak sekali lembaga yang jualan tes itu. Cuman emang belum tergerak aja untuk ngelakuin, sampe akhirnya ada di titik butuh. Sekarang or never :D. *halah. 

Di tes lah Ali dan hasilnya keluar sekitar 1 minggu kemudian. Hasil tesnya berlembar-lembar. Ada hasil kecenderungan otak, sampe karakter, dll. Pokoknya lengkap + konsultasi gratis. Dan ternyata, Ali memang anak kinestetis dengan kecenderungan otak kanan banget. Wah, terbukalah semua kenapa Ali ga bisa diem. Duduknya aja di bola. Dan suka bikin kesel. Hyah, ternyata selama ini yang salah tuh akunya, ga memahami Ali :(. Malah memarahi. Padahal kan harusnya orang tua tuh menyayangi, mengerti dan mendampingi anak selalu. Ini karena ga ngerti, malah ngerasa terganggu dengan tingkah polahnya yang ga bisa diem. My bad. 

Dikasih tips lah pada waktu konsultasi... Karena Ali goals oriented, maka mesti ada tujuannya dong dia melakukan semua hal. Yang gampang adalah pake metode bintang. Tiap ga ngompol malem, dikasih bintang. Mandi cepet, dikasih bintang. Sholat, dikasih bintang. Berangkat ga telat, dikasih bintang juga. Itu adalah 4 hal yang di pagi hari bikin kesel dan marah-marah. Karena leletnyaaa duh bikin senewen :D. 

Alhamdulillah setelah metode bintang itu, Ali jadi lebih sigap :D. Hadiahnya hot wheels :D. Murah meriah dan dia seneng :d. 

Terus, muncullah persoalan baru, yaitu maen game komputer. Hehe. Belum banyak kali ya yang seumuran yang menghadapi tantangan ini :D. Alhamdulillah, pas malem nonton acara talkshow nya  Ayah Edy. beliau ahli Parenting. Dan ternyata, metode yang diterapkan adalah metode jam weker :D. Hehe. Kalau jamnya bunyi, maennya udahan :d. Alhamdulillah dicoba diterapkan dan berhasil!!!

Terus, tantangan tentang gangguin adeknya :D. Hehe, pengennya sih dia maen mulu kali ya ma adeknya juga. Tapi sayang adeknya masih bayi ga ngerti apa2, ga bisa diajak maen kejar2an :D. Suatu waktu pernah tuh lagi ditinggal, eh, adeknya di kereta kayaknya didorong kenceng, jadi wae lah jatuh. Awalnya Ali takut2 gitu ga mau ngaku, tapi karena dah nonton acara Ayah Edy, dikasih tips tuh :d. Peluk dan bilang, ga papa kok, jujur aja, ga dimarahi :). Dan Ali pun ngaku sambil sesengukan kalo dia pengen maen kereta2an sama adeknya. Hwkwkwk. Ya gpp yang penting ngaku, asal ga diulang lagi ya :D. Oh ya, langsung dikasih konsekuensi deh, hot wheelsnya disimpen :d. 

Terus, tentang konsekuensi :D. Nah, setelah peristiwa itu, Ali jadi sayaaang banget ama adeknya. Kenapa? Kenapa hayooo. hwkwkwk. 

Soalnya dibisikin, Ali kalau bikin adeknya nangis hot wheelsnya disimpen sama Umi 1 hari ga boleh main. Sekarang kalau diminta tolong "A, jaga adeknya ya". Dia sigap banget dan kalau Umar dah rada2 mau nangis gitu dia bakal bilang "Udah Umar, Ali disini" :d, hehhe. Subhanallah banget lah. 

Ternyata, emang benerrr banget, jadi orang tua itu janganlah langsung menyalahkan anak. Anak ga bisa diatur lah dll dsb. Mungkin emang kitanya aja yang kurang ilmu, yang ga mau memahami atau ga bisa atau belum mampu memahami anak. Mereka terlahir suci, bersih, dan orang tuanya lah yang mewarnai kehidupan mereka. Mereka adalah pencontoh sejati, peniru ulung, maka jangan marah2, karena mereka bakal mencontoh bagaimana cara marah yang baik. Hwkwkwk. 

Yuk ah, terus belajar jadi orang tua yang asyik dan tentunya keluarga kita bisa menjadi keluarga yang sakinah,mawaddah,wa rohmah. Amiin :d. 

Artikel Terkait

Parenting
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments